Nur Cahaya. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 06 Agustus 2012

pengertian desain grafis


PENGERTIAN DESAIN GRAFIS

Secara arti kata, Pengertian Desain Grafis dapat diartikan sebagai berikut. Kata Desain memiliki arti kerangka bentuk, rancangan, sedangkan kata Grafis memiliki arti bersifat graf, bersifat huruf, dilambangkan dengan huruf. Secara sederhana, yang dimaksud atau Pengertian Desain Grafis dapat diartikan sebagai proses pemikiran yang diwujudkan dalam gambar.
Jadi Pengertian Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, Pengertian Desain Grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur, tetapi sebagai arus perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang populer dikenal dengan nama desain interaktif atau desain multimedia. Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman,
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori, sebagai berikut.

 1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.

 2. Web Desain: desain untuk halaman web.
 3. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.
 4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design.
 5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.
Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Sebuah desain grafis yang ditampilkan harus memiliki keindahan/estetika sehingga menarik dan komunikatif. Menarik atau indahnya sebuah desain grafis dapat dinilai dengan menggunakan mata (lahir) atau dengan hati (batin). Agar menari mata (eye catching) diperlukan pengetahuan tentang unsure/komonen yang akan membentuk desain grafis menjadi menarik, antara lain garis, bentuk/shape, warna, tekstur, cahaya, ilustrasi/gambar, huruf/tipografi, dan ruang/space.
Mungkin pengertian Desain Grafis di dalam artikel ini bisa membantu dan dijadikan sumber referensi ilmu pengetahuan tentang Desain.




0 komentar

Poskan Komentar