pdf-converter-pro-boxUntuk masalah konversi PDF ke dokumen lain seperti word, excel, epub, image dan HTML, Wondershare sepertinya merupakan salah satu produk yang paling bagus hasilnya. Kini bekerjasama dengan Wondershare software, ebsoft memberikan 10 lisensi gratis kepada pengunjung ebsoftWondershare PDF Converter Pro (masing-masing senilai $79.95)
Dulu saya pernah mengulas software Wondershare PDF to Word Free, software konverter dari PDF ke Word yang berlisensi gratis (tetapi saat ini sepertinya link download sudah tidak berfungsi lagi). Hasil konversi PDF memang mantap, meskipun tidak 100% sempurna, tetapi kualitas masih diatas berbagai software lainnya.
Wondershare PDF Converter Pro merupakan salah satu produk terbaik dalam bidang ini, tidak hanya konversi ke Word, tetapi juga konversi ke Excel, Powerpoint, EPUB, HTML dan juga Text. Tidak hanya itu saja, versi ini merupakan versi update dari versi-versi sebelumnya sehingga kemampuannya lebih baik.
wondershare-pdf-converter-pro
Beberpa fitur software ini antara lain :
  • Konversi PDF ke 7 format Microsoft Word, Excel, PowerPoint, EPUB eBooks, HTML webpage, Plain Text dan images (.jpg, .png, .gif, .bmp, .tiff) dengan layout asli yang dipertahankan
  • Konversi PDF yang di proteksi/password (asalkan pengguna tahu passwordnya)
  • Konversi PDF hasil scan dokumen dengan teknologi OCR (Optical Character Recognition)
  • Konversi atau menyimpan Word, PowerPoint, Excel dan Text menjadi PDF
  • Mengamankan file PDF dengan password, baik untuk copy, edit atau printing
  • Konversi banyak dokumen PDF sekaligus
  • Konversi halaman-halaman tertentu dari dokumen PDF
  • Menggabung banyak dokumen PDF menjadi satu
pdf-converter-setting
Setelah saya mencoba program ini, hasil konversi memang bagus, dari berbagai sample dokumen PDF yang saya gunakan, proses konversi relatif cepat dan hasilnya cukup memuaskan baik dari segi ukuran maupun layout dokumen yang persis sama seperti aslinya. Beberapa file PDF yang saya konversi antara lain :
  • Digging into WordPress 3.4 (446 halaman, 33.75 MB) menjadi docx 18 MB
  • jQuery Novice to Ninja (431 halaman, 5.6 MB) menjadi docx 4.9 MB
  • Build your Own Wicked WordPress Theme (225 halaman, 17.6 MB) menjadi docx 11.1 MB
  • The CSS Anthology (412 halaman, 13.1 MB) menjadi docx 9.7 MB
Proses konversi dokumen dengan jumlah halaman 400 plus berbagai layout yang rumit memerlukan waktu sekitar 2 menit. Selain layout dokumen word yang persis sama seperti aslinya, untuk daftar isi yang ada linknya juga tetap terjaga (aktif dan bisa digunakan). Tampilan yang kurang biasanya terjadi jika font yang digunakan tidak ada di komputer. Tetapi dari sample 4 dokumen PDF tersebut, ada satu yang hasilnya tidak terbaca, yang 225 halaman.

10 Lisensi Gratis

Untuk berkesempatan mendapatkan lisensi gratis program ini, caranya cukup mudah. Tulis komentar dibawah (gunakan nama dan alamat yang benar). Kesempatan ini dibuka sampai sekitar 1 minggu kedepan (28 Desember 2012). Setelah itu insyaAllah akan diambil dan diumumkan 10 pemenang.
Bagi yang ingin mencoba Wondershare PDF Converter Pro bisa download melalui link ini pdf-converter-pro_full839.exe (online installer)